Nama : Tanvi Navilah
NIM : 1415201057
Jurusan : Ahwal Asy Syakhsiyyah
Semester : III/A
Bab Shalat Dua Hari Raya
A. Hadits Takbir pada Shalat Hari Raya
No 519
وعن عمر و بن شعيب عن ابيه عن جده رضى الله عنهم قال :
نبئ الله صلى الله عليه وسلم ,, التكبير فى الفطر سبع فى الاولى وخمس فى الاخرى,
والقراءة بعدهما كلتيهما,, اخرجه ابو داود , ونقل الترمذئ عن البخارئ تصحيحهز
Artinya:
“Dari Amru bin Syu’aib dari
Ayahnya dari Kakeknya Radiyallahu’anhu bahwa Nabi Shallallaahu’alaihi wa sallam
bersabda: “Takbir dalam Shalat hari raya
fitri adalah tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali dalam rakaat kedua
dan bacalah surat al-fatihah dan surah adalah setelah kedua-duanya.”
Dikeluarkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi mengutipnya dari Shahih Bukhari.
B. Biografi Perawi Hadits
Perawi
hadits ini adalah Amru bin Syu’aib. Nama lengkapnya Abu Ibrahim ‘Amru bin
Syu’aib bin Muhammad bin Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash. Beliau adalah seorang
dari abdillah yang faqih, ia memeluk agam islam sebelum ayahnya, kemudian
hijrah sebelum penaklukan mekah. Beliau seorang ahli ibadah yang Zuhud, banyak
berpuasa dan Shalat, sambil menekuni hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wa
sallam.
Jumlah
hadits yang beliau riwayatkan mencapai 700 hadits, sesudah minta izin Nabi
shallallahu’alaihi wa sallam untuk menulis, beliau mencatat hadits yang di
dengarnya dari Nabi. Mengenai hal ini Abu Hurairah berkata: “tak ada seorangpun
yang lebih hapal dariku mengenai hadits Rasulullah, kecuali Abdullah bin Amr
bin al-Ash. Karena mencatat sedang aku tidak”.
Sanad
paling shahih yang berpangkal darinya ialah yang diriwayatkan oleh Amr bin
Syu’aib dari Ayahnya dan kakeknya Abdullah. Beliau wafat pada tahun 63 H pada
malam pengepungan Al-Fusthath.
C. Sanad Hadits
Musaddad
Al-Mu’tamir
Abdullah bin Abdurahman
Ath Thaifi
Amru bin Syu’aib
Abdullah bin Amr bin Ash
D. Penjelasan Hadits
Makna Hadits
Bilangan witir mempunyai pengaruh yang besar dalam mengingat
keesaan Allah
yang segala sesuatu bergantung kepada-Nya. Bilangan tujuh mengandungi rahsia
besar di mana syariat Islam menjadikan bilangan takbir solat hari raya menjadi
ganjil. Syariat Islam menjadikannya pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali untuk
mengingatkan ada pekerjaan haji yang dilakukan sebanyak tujuh kali, iaitu tawaf,
sa’i dan melontar jumrah, yang kesemuanya dilakukan sebanyak tujuh kali. Di
samping itu, ia bertujuan membuat hati sentiasa rindu untuk mengerjakan ibadah
haji, kerana menghayati hari raya aidil adha mampu mengingatkan diri kepada
Allah yang telah menciptakan alam semesta ini melalui renungan terhadap semua
perbuatan-Nya seperti penciptaan tujuh langit, tujuh bumi, dan tujuh hari beserta
segala isinya. Hal ini mampu mengingatkan kepada Allah apabila dilakukan pada
hari raya aidil adha berbanding hari-hari biasa yang selainnya.
yang segala sesuatu bergantung kepada-Nya. Bilangan tujuh mengandungi rahsia
besar di mana syariat Islam menjadikan bilangan takbir solat hari raya menjadi
ganjil. Syariat Islam menjadikannya pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali untuk
mengingatkan ada pekerjaan haji yang dilakukan sebanyak tujuh kali, iaitu tawaf,
sa’i dan melontar jumrah, yang kesemuanya dilakukan sebanyak tujuh kali. Di
samping itu, ia bertujuan membuat hati sentiasa rindu untuk mengerjakan ibadah
haji, kerana menghayati hari raya aidil adha mampu mengingatkan diri kepada
Allah yang telah menciptakan alam semesta ini melalui renungan terhadap semua
perbuatan-Nya seperti penciptaan tujuh langit, tujuh bumi, dan tujuh hari beserta
segala isinya. Hal ini mampu mengingatkan kepada Allah apabila dilakukan pada
hari raya aidil adha berbanding hari-hari biasa yang selainnya.
Kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah (s.a.w) dalam
mensyariatkan segala
sesuatu selalunya mengambil berat kemudahan, kerana belas kasihan terhadap
umat ini. Antara kemudahan itu ialah bilangan rakaat kedua-dua solat hari raya
lebih diringankan berbanding rakaat yang pertama. Oleh kerana bilangan lima adalah bilangan yang mendekati angka tujuh, maka syariat Islam menetapkan
lima kali takbir untuk rakaat kedua kerana belas kasihan kepada umat ini sehingga
diharapkan mereka selalu dalam keadaan taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
sesuatu selalunya mengambil berat kemudahan, kerana belas kasihan terhadap
umat ini. Antara kemudahan itu ialah bilangan rakaat kedua-dua solat hari raya
lebih diringankan berbanding rakaat yang pertama. Oleh kerana bilangan lima adalah bilangan yang mendekati angka tujuh, maka syariat Islam menetapkan
lima kali takbir untuk rakaat kedua kerana belas kasihan kepada umat ini sehingga
diharapkan mereka selalu dalam keadaan taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
E. Pendapat Ulama
Ibnu Rusyd mengatakan: mereka ulama beralih keadaan pendapat
sahabat dalam masalah ini karena jelas tidak ada keterangan dari Nabi saw.
Tentang masalah itu sedikitpun. Menurut As Shon’aniy bahwa Al-Uqailiy telah
meriwayatkan dari Ahmad bin Hambal, bahwa dia berkata tidak ada hadits yang
sohih yang diriwayatkan tentang takbir ini.
Ketauhilah! Bahwa hadits tersebut sebagai dalil yang menunjukkan
bahwa Nabi saw. Takbir pada rakaat pertama dari dua rakaat sholat hari raya
itu, tujuh kali; dan mungkin takbir
tujuh kali itu termasuk takbiratul ihram dan mungkin juga selain takbiratul
ihram. Yang paling jelas bahwa takbir
tujuh kali tidak termasuk takbiratul ihram. Mengenai takbir pada shalat hari
raya ini terdapat perbedaan pendapat:
a. Menurut keterangan dalam kitab “Al-Hudan Nabawiy : termasuk
takbiratul ihram tetapi tidak mengemukakan dalil. Dan pada raka’at yang kedua
lima kali takbir. Yang berpendapat demikian sekelompok ulama sahabat dan
selainnya.
b. Pendapat itu berbeda dengan pendapat ulama lain yang mengatakan:
lima kali pada raka’at pertama dan empat kali pada raka’at yang kedua.
c. Ada yang berpendapat: tiga kali pada raka’at pertama dan tiga
kali pada raka’at kedua
d. Ada yang mengatakan: enam kali pada raka’at pertama dan lima
kali pada raka’at kedua.
Menurut saya : yang paling dekat
kebenaran ialah mengamalka hadits bab ini (yaitu hadits yang mengatakan tujuh
kali takbir pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua.
Dalam dalil tersebut terdapat dalil yang
menunjukan bacaal Al-Fatihah dan surat, setelah takbir dalam dua raka’at itu.
Demikian menurut pendapat syafi’iy dan Malik.
Dalam
hadits tersebut terdapat dalil yang menunjukan bacaan Al-Fatihah dan surat itu,
sebelum takbir pada kedua rakaat itu. Dia hanya mengemukakan pendapat dalam
kitab “Al Bahru”
Al
baqir dan Abu Hanifah mengatakan :
didahulukan takbir pada raka’at pertama dan dikemudiankan pada raka’at kedua,
agar bacaan al-fatihah dan surat itu berurutan dengan bacaan pada raka’at
pertama.
FikihHadits
1. Disunatkan bertakbir dalam solat dua hari raya, iaitu pada rakaat pertama
sebanyak tujuh kali takbir, sedangkan pada rakaat kedua lima kali takbir.
Imam Malik dan Imam Ahmad berkata: “Pada rakaat pertama takbir
dilakukan sebanyak tujuh kali termasuk takbiratul ihram, sedangkan pada
rakaat kedua takbir dilakukan sebanyak lima kali selain takbir berdiri.”
Imam al-Syafi’i berkata: “Takbir dilakukan sebanyak tujuh kali pada rakaat
pertama selain takbiratul ihram dan pada rakaat kedua lima kali takbir selain
takbir berdiri.” Imam Abu Hanifah berkata: “Empat kali takbir termasuk
takbiratul ihram pada rakaat pertama dan takbir rukuk pada rakaat kedua tetap dikira empat takbir itu.” Adapun kesinambungan dalam membaca takbir-takbir tersebut, maka Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berpendapat bahwa hendaklah seseorag melakukannya secara berkesinambungan tanpa memisahkannya dengan zikir ataupun bacaan doa dan hendaklah imam berdiam sekejap menunggu para makmum menyelesaikan bacaan takbirnay.
1. Disunatkan bertakbir dalam solat dua hari raya, iaitu pada rakaat pertama
sebanyak tujuh kali takbir, sedangkan pada rakaat kedua lima kali takbir.
Imam Malik dan Imam Ahmad berkata: “Pada rakaat pertama takbir
dilakukan sebanyak tujuh kali termasuk takbiratul ihram, sedangkan pada
rakaat kedua takbir dilakukan sebanyak lima kali selain takbir berdiri.”
Imam al-Syafi’i berkata: “Takbir dilakukan sebanyak tujuh kali pada rakaat
pertama selain takbiratul ihram dan pada rakaat kedua lima kali takbir selain
takbir berdiri.” Imam Abu Hanifah berkata: “Empat kali takbir termasuk
takbiratul ihram pada rakaat pertama dan takbir rukuk pada rakaat kedua tetap dikira empat takbir itu.” Adapun kesinambungan dalam membaca takbir-takbir tersebut, maka Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berpendapat bahwa hendaklah seseorag melakukannya secara berkesinambungan tanpa memisahkannya dengan zikir ataupun bacaan doa dan hendaklah imam berdiam sekejap menunggu para makmum menyelesaikan bacaan takbirnay.
Imam Syafi’i
dan Imam Ahmad pula berpendapat bahwa antara setiap takbir hendaklah dipisahkan
dengan waktu yang kadarnya lebih kurang sama dengan membaca satu ayat yang
tidak panjang dan tidak pula pendek. Murid-murid al-Syafi’i berbeda
pendapat mengenai bacaan yang seharusnya
dibaca dalam waktu berdiam itu. Kebanyakan mereka menyatakan bahwa waktu
berdiam itu hendaklah diisi dengan bacaan: subhanallahi
wal khamdulillahi wala ila haillallahu wallahuakbar.
Artinya:
“Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah,
Allah Maha besar.” Sebagian mereka pula mengatakan bahwa bacaan itu ialah: lailahaillallahu wahdahulasyarikallahulmulku
walahulkhamdu wahua’alakullisyaingqodir.”
Artinya: “Tidak
ada tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan
bagi-Nya segala puji. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
Mazhab
Hambali pula mengatakan bahwa kalimat yang dibaca ketika berdiam itu ialah:
Allahuakbarkabirawalkhamdulillahikatsirowasubkhanallahibukhratawaasila
washolallahu’alamukhammadinnabiyyi waalihi wasallama taslimangkatsira
Artinya:
“Allah Maha
Besar, segala puji bagi Allah dengan pujian yang berlimpah, dan Maha Suci Allah
pada waktu pagi dan waktu petang, semoga Allah melimpahkan salawat-Nya ke atas
Nabi Muhammad serta keluarganya, semoga pula keselamatan Allah senantiasa
melimpah kepadanya,.”
Jumhur Ulama
mengatakan bahwa setiap kali membaca takbir, kedua-dua tangan mestilah
diangkat. Abu Yusuf mengatakan bahwa kedua-dua tangan tidak boleh diangkat
melainkan hanya ketika takbiratul ihram. Pendapat ini merupakan salah satu
riwayat dari pada Imam Malik seperti mana yang telah diriwayatkan pula oleh Ibn
Mutharrif dari pada Imam Malik bahwa disunatkan mengangkat kedua-dua tangan
setiap kali membaca takbir. Dalam riwayat lain yang bersumber dari pada Imam
Malik disebutkan bahwa seseorang boleh memilih mana yang dia sukai. Hukum
takbir ketika mengerjakan sholat hari raya menurut pendapat jumhur ulama adalah
sunat, sedangkan menurut mazhab Hanafi adalah wajib, dimana seseorang berdosa
apabila meninggalkannya dengan sengaja, seseorang yang meninggalkan bacaan
takbir itu atau sebagian dari padanya karena lupa, maka ulama berbeda pandangan
dalam masalah ini: mazhab al-Syafi’i dan Mazhab Hambali menyatakan bahwa
apabila seseorang meninggalkannya hingga selesai bacaan Al-Qur’an, dia tidak
boleh mengulanginya semua dan tidak perlu pula melakukan sujud sahwi. Mazhab
Maliki menegaskan bahwa apabila seseorang lupa hingga tidak membaca takbir
hingga selesai bacaan al-Qur’an, sedangkan dia masih belum rukuk, maka dia
dibolehkan melakukan takbir, kemudian melakukan sujud sahwi sesudah salam. Ini
karena setiap takbir dari pada takbir-takbir sholat hari raya merupakan sunat
mu’akad. Jika seseorang ingat setelah melakukan rukuk, maka hendaklah ia
meneruskan sholatnya. Jika dia sebagai imam, maka hendaklah melakukan sujud
sahwi sesudah salam dan begitu pula seseorang yang mengerjakan sholat secara
bersendirian.
Mazhab Hanafi
menatakan bahwa seandainya seseorang meninggalkan takbir hingga selesai bacaan
al-Qur’an, namun dia baru mengingatinya ketika sedang rukuk, maka dia boleh
membaca takbir dalam keadaan rukuk itu. Jika mengingatinya setelah mengangkat
tubuh dari pada rukuk, maka hendaklah dia melakukan sujud sahwi sebagai
penggantinya karena orang itu telah melalaikan suatu yang wajib.
2. Membaca al-Qur’an pada Shalat hari raya. Menurut jumhur ulma,
ia dilakukan sesudah membaca takbir pada kedua-dua rakaat tersebut. Imam Abu
Hanifah menegaskan bahwa seseorang hendaklah meneruskan kedua-dua bacaan itu
secara berkesinambungan. Dengan arti kata lain, dia melakukan takbir pada
rakaat pertama, lalu membaca al-Qur’an dan pada rakaat yang kedua, dia terus
membaca al-Qur’an dan setelah itu barulah melakukan takbir. Beliau mengatakan
bahwa takbir merupakan pujian, sedangkan pujian yang disyariaatkan pada rakaat
pertama mendahului bacaan al-Qur’an dan doa iftitah sedangkan pada rakaat kedua
disyariatkan mengakhirkannya sama halnya dengan qunut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar