Rabu, 14 Desember 2016

HANNY MARHAMATUS S.

Nama : Hanny Marhammatus Sa’diah
NIM : 1415201023
Jurusan/Smtr : AAS “A”/3
كتا ب الطهارة
باب امياة
عن ابى هريرةرضي الله عنه قل: قل رسولوالله صلي الله عليه وسلم,في البحر,هوطهرومؤه,الحل ميتته,اخرخه الاربعه,وابن ابي شيبه,وللفظ له,وصححه ابن خزيمة والترمذي,(ورواه ملك وشفعى واحمد) (1)

Bab Air
Dari abu hurairah radhliyallahu anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda : tentang (air) laut. “laut itu air nya suci dan mensucikan, bangkainya pun halal”. Di keluarkan oleh imam empat dan Ibnu Syaibah lafadz hadist menurut Riwayat Ibnu syaibah dan di anggap shohih oleh Ibnu huzaimah dan tirmidzi. Malik, Syafi ‘i dan ahmad juga meriwayatkannya.
Penjelasan
Hadist ini menjelaskan tentang Air laut jadi air itu Air yang suci, apabila air nya kemasukan bangkai tidak dapat menghilangkan kesuciannya, dan seseungguhnya bangkai yang ada di laut itu Hukumnya Halal, atau yang hidup di laut seluruh hewan yang ada di dalamnya itu halal, seperti: paus, dll terkecuali hewan yang hidup di dua tempat atau dua daratan itu tidak halal.
Takhrijul Hadist Shahih
Telah di Riwayatkan oleh : malik di muwatho’nya (1/45 - tanwirul Hawalik syarah muwath tho’ oleh Syuthi), syafi ‘iy di kitabnya Al-umm (1/16), Ahmad dimusnadnya (2/232,316), Abu dawud (no:83), Tirmidzy (no:69), Nasa’i (1/50,176), Ibnu majah (no:43), Ad darimi (7/186), Ibnu jarud (no:43), Ibnu khuzaimah (no:777), Ibnu hibban (no:119) mawarid, Hakim (1/140-141) dll. Semuanya dari jalan Imam malik dari Sofwan bin sulaim dari Sa’id bin Salamah ia berkata: sesungguhnya Mughirah  bin Abi Burdah telah mengabarkan kepadanya, bahwasannya ia pernah mendengar Abi hurairah berkata:
سال رجل البني صلى الله عليه وسلم: يارسول الله انانركب البحرونحمل معناالقليل من الماءان توضانابه عطشناافنتوضابماءالبحر؟ فقل رسولول الله صلى عليه وسلم:هوطهروماؤه الحال ميتته.

“Telah bertanya seorang laki-laki kepada Nabi SAW: ya Rasulullah, kami akan berlayar di lautan dan kami hanya membawa sedikit Air, maka kalau kami berwudhu dengan menggunakan Air tersebut pasti kami akan kehausan, oleh karena itu bolehkah kami berwudhu dengan Air laut? Jawab Rasulullah SAW: laut itu suci air nya dan halal bangkainya”.
Hadist ini telah di Shohihkan oleh Jama ‘ah Hadist, di antaranya :
1.      Bukhari, ia berkata Hadist ini Shohih.
2.      Tirmidzi, ia berkata Hadist ini Hasan Shahih.
3.      Ibnu Huzaimah.
4.      Ibnu hibban.
5.      Hakim.
6.      Ibnu adil bar.
7.      Ibnu Munzir.
8.      Ibnu Mandah.
9.      Al-Baghawiy.
10.  Ibnu Atsir, ia berkata: ini Hadist yang Shahih bagi Masyhur, telah dikeluarkan oleh para Imam di kitab-kitab mereka, dan mereka telah berhujjah dengan rawi-rawinya Tsiqat.
11.  Al-Albani.
Dan bahwasannya Air laut itu suci dan mensucikan, bahwa bangakai binatang laut itu halal. Bolehnya berwudhu dengan Air yang telah bercampur dengan sesuatu sehingga berubah rasanya, atau bau nya atau warnanya selama tidak kemasukan najis, dan selama penanamnya tetap Air, bukan yang telah berubah menjadi Air teh atau kopi dll. Bahwa islam mengatur hidup dan kehidupan manusia, dunia mereka dan akhirat mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar